Kamis, 21 Juni 2012

Sebentuk kenangan yang tersimpan


aku terbaring di tempat tidurku..

aku.. aku jadi keinget sama semua kejadian yang terjadi diantara kita.
ga terasa udah saatnya kita harus berpisah secepat ini.
aku masih inget banget sama waktu 3 tahun yang lalu, dimana aku baru duduk dibangku SMA dan mempunyai temen2 baru yang lucu kayak kalian semua.

kalo mau diceritain semuanya, tentu postingan ini ga akan ada habisnya.
karena begitu banyak kenangan yang ada di dalam fikiran aku sampe saat ini.
tapi aku bakal nyeritain beberapa kenangan yang bener2 berkesan buat aku.

Hari pertama aku masuk di kelas X.
aku duduk di barisan paling depan bersama seorang temen cowo yang sekarang aku kenal dengan nama Indra.
 iya, karena aku murid baru, walaupun di tahun ajaran baru, semua murid kelas X atau 1 SMA pasti disebut murid baru. Tapi aku lebih baru masuk di kelas itu karena aku masuk setelah 2 minggu tahun ajaran baru dimulai.
tapi aku ga sendirian jadi anak murid yang paling baru di kelas itu, ada satu orang cewe juga yang kebetulan sama kayak aku.

Oh iya, aku orang yang pendiem. Sangat Pendiem. Sampe2 aku ngomong sama temen sekelas yang belom aku kenal aja jarang banget. bahkan mau ngajakin kenalan aja aku ga berani. Bayangin, selama satu minggu aku dikelas itu yang aku kenal Cuma 3 orang,
2 cewe dan 1 cowo.
 itu juga karena aku ga sengaja denger nama mereka bertiga yang aku kenal ini +
karena lagi ada perlunya aja, contohnya nanya’in pertanyaan kayak gini:
              “abis ini pelajaran apa?” atau.. “boleh pinjem pulpennya gak?” 

sebagai anak baru dikelas itu, aku Cuma bisa diem dan ngeliatin temen2 sekelas yang udah pada kenal sebelumnya. Aku ngeliatin yang lain kog enak banget yah, udah pada punya temen masing2. Sedangkan aku? Ngobrol sama temen sebelah bangku aja jarang banget. ditambah lagi.. aku ga kebiasa sama keadaan kelas itu.

serius deh, aku bener2 ga betah di kelas itu awalnya. Kelasnya panas banget, yang ngebikin aku harus rajin ngelap keringet sepanjang hari, udah gitu bangku sama meja yang dipake itu bangkunya anak kuliahan. Bangku sama mejanya digabung.
aku kan belom kebiasa sama itu. Pinggang aku sakit, pantat aku kebas, mana tasnya bingung harus ditaro dimana, udah gitu mau nulis pelajaran didepan juga ga nyaman karena meja alas buat nulisnya itu kecil banget.
 satu-satunya yang ada di dalem hati aku  “GUE MAU PINDAAAAH !!!”

tapi ya sudah lah, lama-kelamaan aku juga kebiasa. Dan itu bener, setelah aku cukup lama di kelas itu, akhirnya aku kebiasa sejak aku mulai punya temen.
sbenernya sih banyak yang ngajakin aku main diluar kelas pas jamnya istirahat. Tapi aku selalu nolak karena aku liat mereka anak yang bandel2.
pertama yang ngajakin aku kenalan itu “si cowo jutek”, agus salim. Dia duduk di belakang bangku aku.

Pertanyaan yang dia Tanya ke aku:
   “hei, kau tinggal dimana? Kayaknya aku pernah liat kau deh”
*Logat khas medan*
aku ngejawab :
   “em.. rumah aku ga jauh dari sini. Persis di jalan seberang dari sekolah ini”
 *logat biasa aja karena aku belom kebiasa sama logat medan*
kemudian dia berkata:
    “ooh gitu, eh kita belom kenalan ya? Kenalin nama aku agus, kalo kau?”
aku ngejawab :
    “iya, gitu. *senyum kambing* kalo nama aku dito. Salam kenal ya”

nah, dari perkenalan aku dan dia, baru aku mulai ngeberaniin diri buat ngajakin kenalan sama temen2 sekelas yang lain. (sama temen belakang bangku aku sih)
dan dari situ juga aku baru tau kalo ada temen sekalas aku yang asalnya dari Nias.
awalnya sih aku bingung, aku ga pernah denger nama daerah itu di Indonesa.
yang ada di fikiran aku mungkin Nias itu jauh dari Medan.

aku coba merhatiin muka 2 orang temen aku yang dari Nias itu, mukanya.. agak beda sih dari muka asli orang medan. Kulitnya putih, matanya agak sipit dan bentuk mukanya agak kotak.
aku makin bingung sebenernya Nias  itu dimananya Indonesia sih??

sampe di rumah, pas udah pulang sekolah aku nanya ke mama aku:
  “mama, Mias  itu dimananya Indonesia”
sebelum aku tau ejaan yg benernya.
mama aku ngejawab:
  Mias?? Apa itu Mias? Mungkin maksud kamu Nias  yah?
kalo Nias itu di provinsi sumatera Utara juga, tepatnya di pulau kecil, seberang barat pulau sumatera”

dari situ aku baru tau yang namanya Nias itu dimana. dari situ juga aku mulai deket sama 2 orang Nias temen aku itu. Yang satu namanya Yohanes, dan satunya lagi herman. Ga ketinggalan juga sama Gunawan. Dia juga duduk di belakang bangku aku.
*mereka berempat ini ada di belakang bangku aku*

lama kelamaan aku kebiasa sama suasana kelas itu, dan aku juga punya temen yang banyak. Karena aku udah kenal sama mereka semua.
ternyata.. orang medan itu baik2 juga kog  ‘bisik hati aku’

OK. Setelah kenal sama temen2 sekelas aku, banyak kejadian yang kami lewati bersama. Mulai dari kegiatan indoor-outdoornya sekolah, sampe main2 usai pulang sekolah.
semua kenangan suka dukanya aku lewatin bareng temen2 aku.
kalo sukanya.. kemana2 pasti bareng. Mau main, bareng, makan bareng, belajar bareng, sampe ke kamar mandi juga bareng terus.

. . . . . . .

aku juga inget sama pertama kalinya aku ikut kegiatan Pramuka sekolah.
waktu itu.. kegiatan utama pramuka yang akan diadain adalah mendaki gunung Sibayak.
di hari libur pertengahan semester, kegiatan itu dilaksanain.
perjalanan dimulai dari sekolah dengan menaiki Truk pengangkut barang.
yang lebih mirip sama Truk pengangkut hewan ternak sih. Tapi Katanya emang sengaja, supaya nilai pramukanya keliatan.

setelah lebih kurang 1:30 jam diperjalanan yang sangat berat karena harus nahan aroma kambing dari truk itu sendiri dan ekstra waspada kalo Truk itu lagi tiba2 ngerem, akhirnya kami nyampe di tempat tujuan.
tapi tenrnyata itu ga langsung di gunung Sibayaknya. Kami diturunin di pasar Tradisional yang terletak di Brastagi. Ada yang nyempetin buat makan, buang air, beli sourvenir, dll.

kemudian kami ngelanjutin perjalanan ke Gunung Sibayak dengan berjalan kaki. Setelah kurang lebihnya setengah jam. Kami tiba di kaki bukit Gunung Sibayak.
dari kejauhan aku liat gunung itu.. itu lebih cocok disebut bukit. Karena gunung itu ga terlalu tinggi. Pendakian gunung itu dimulai dari perkampungan warga desa yang ada di kaki bukit itu.

di perjalanan.. banyak rintangan yang harus dilewatin. Aku ga nyangka kalo ternyata pendakian gunung cukup berat. Kita harus bener2 disiplin, ga boleh ada yang mencar dari barisan, ga boleh ada yang nakal ngerusak alam di situ dan pastinya harus punya stamina lebih dari yang biasanya. Kalo yang aku rasain sendiri waktu sih, aku bener2 capek, lemes, ga bertenaga. Dan rasanya pengen cepet2 nyelesain pendakian itu. Mana sepatu aku jorok karena lumpur semua, jalanan licin karena banyak lumut, banyak tanaman liar hutan yang menghalangi perjalanan kecil kami. juga kalo ga hati2, kejadian yang terjadi sama kakak aku sendiri bisa terjadi, dia tergelincir dan hampir masuk jurang. Untung aja satu kakinya nyangkut di akar pohon, itu yang bikin nyawanya  selamat.

mungkin, itu adalah salah satu kenangan yang ga bakal bisa aku lupain.
dimana aku pertama kalinya ngerasain pendakian gunung itu kayak gimana, bener2 capek, lemes, lemah, dan.. hampir kayak kehilangan seluruh tenaga tubuh.

. . . . . . . .

aku jadi ingat, aku jadi ingat dan aku jadi ingat.
banyak sekali kenangan yang kita lalui bersama.
aku… akan merindukan kalian semua.

. . . . . . . . .

seakan nyawaku yang terbang melayang ke masa lalu tadi telah kembali.
aku, kembali berada di depan nettbook  yang setia aku jadikan media untuk menyiapkan semua postingan Blog aku selama ini.

sambil melihat langit dari jendela kamar, aku menghela nafas dan tersenyum.
hmmmh.. betapa indahnya masa itu. Mungkin kenangan itu gak akan terulang lagi untuk yang kedua kalinya.
Aku senang, bisa melewatkan kenangan indah itu bersama kalian.
Aku senang, menjadi bagian dari kalian.

aku menghela nafas kembali, dan berharap semua takkan pernah dapat terlupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar